Selamat Datang di Alumni Connection

reuni3
Memories Album, Sharing & Learning, Alumni 85 SMP Negeri 9 Bandung

5 KIAT MENGATASI PERSOALAN HIDUP

Sebuah Catatan dari pertemuan APSII.

pinsilSelama manusia hidup, masih menghirup udara, pasti akan dihadapkan dengan masalah. Siapapun dan dimanapun dia (bukan iklan minuman lho...) pasti akan menemui permasalahan. Hanya orang yang hilang ingatan dan sudah terbujur kaku di liang lahat sajalah yang tidak bertemu dengan masalah...(padahal justru di liang lahat dia baru mulai bertemu masalah yang tiada akhir karena kurang bekal untuk akhiratnya)


Sebelum kita bahas lebih lanjut, saya akan uraikan filosopi dari sebatang pensil... ternyata ada kesamaannya dengan manusia dalam beberapa hal...

1. Pensil akan menghasilkan sebuah tulisan yang indah jika ada sebuah tangan yang menggerakkannya .... demikian pula manusia, hanya tangan Dia yang mengendalikan manusia, dan bila kita mengikuti gerakanNya..mengikuti aturanNya, maka akan menjadi pribadi-pribadi yang utama.

2. Pensil, tiap akan dipakai harus diraut dan dikikir, proses ini menyakitkan tapi perlu agar bisa selalu tajam, sempurna dan layak... manusia pun akan selalu bertemu dengan masalah untuk menaikkan derajat/ kualitas mereka

3. Saat dipakai menulis, pinsil pasti akan menemui kesalahan, meskipun tidak dapat menghapus sendiri tapi bisa memperbiakinya....begitupun manusia, pasti tidak akan luput dari kesalahan, tapi hal ini tidak menjdaikannya putus asa. Meskipun tidak bisa mneghapusnya, tapi mampu untuk memperbaikinya.

4. Bagian terpenting pensil ada pada grafitnya ... manusiapun demikian, keindahannya terletak pada kemuliaan dan kebersihan hatinya.

5. Pensil, mungkin tidak hanya dipakai menulis dikertas, adakalanya di atas rtembok, kayu atau batu, dan lain-lain. Namun tetap setia pada tugas utamanya untuk menulis .... manusia pun boleh jadi ditempatka dimana saja, dengan peran dan tanggung jawab yang beragam, namun tetap tugas utamanya adaalah sebagai hambaNya. Beribadah kepadaNya, menjadi pemimpin di dunia... minimal pemimpin bagi dirinya sendiri.


masalahMenjadi seorang yang memiliki pribadi unggul, pasti akan dihadapkan pada berbagai masalah...untuk itu ada baiknya kita pelajari 5 kiat untuk mengahdapi masalah :

1. Siap

Setiap saat kita akan dihadapkan pada masalah, siap gak siap pasti akan menemuinya. Jadi lebih baik kita selalu menyiapkan diri bukuan?

2. Ridho

Saat masalah itu menimpa kita, sikap yang terbaik adalah rido menghadapinya. Sebab enggak rido pun sudah terjadi... jadi mendingan rido saja. contoh kita sakit gigi, bengkak dan nyut-nyutan... apa gak mau rido? rido gak rido tetep teras sakit bukan? jadi mendingan rido sajalah...

3. Jangan mempersulit diri

Setelah kita terima masalah itu, jangan pernah mempersulit diri dengan berandai-andai bila masalah itu tidak ada. Atau lebih parah lagi mendramatisir masalah.... cape kan?

4. Evaluasi diri

Lebih baik evaluasi diri saat bertemu dengan masalah, jangan-jangan masalah itu timbul karena kelalaian atau kebodohan diri sendiri...

5. Berserah diri padaNya

Setelah evaluasi, dan ikhtiar maksimal untuk mencari solusi, pada akhirnya kita serahkan semua urusan pada Sang Pencipta sebaik-baik Pemberi Kekuatan dan Solusi.

Semakin bertambah usia seseorang pasti masalah pun akan bertambah. Ibarat seorang yang akan naik kelas, dia pasti akan dihadapkan pada berbagai ujian dan harus lulus melewatinya bukan? Demikian pula seorang manusia, dia akan menjadi pribadi yang utama bila mampu untuk mengatasi ujian-ujian hidup yang ditemuinya. Untuk itu kita harus tahu kuncinya, yaitu senantiasa untuk menambah ilmu, istilah kerennya adalah 'long life learning process' atau ulah 'liren diajar'. Wallohu 'alam



Sekilas tentang teman kita, Hj. Betty Sundari.
.
betyBetty Sundari, orangnya kalem, sejak smp sudah terkenal karena kerajinan dan kekalemannya. Sekarang ini aktif memberikan berbagai training di berbagai tempat dan mempunyai usaha “Qolbi Collection” koleksi busana muslim. Bersuamikan A’Deda dan telah dikarunia 3 orang anak. Bersama A’Deda sekarang akan menyelenggarakan ibadah umrah dibawah bendera MQ Travel

No comments:

Post a Comment